"there's nothing too big to learn" temukan disini !

Saturday, May 1, 2010

Apple iPhone

iPhone saat ini adalah salah satu gadget yang paling popular sekarang, entah mengapa bisa demikian populer, padahal jika gue lihat kemampuannya tidak lebih bagus daripada Nokia N95 kecuali fitur touchscreen-nya. Namun selain itu? Hampir tidak ada! Namun apa yang membuat iPhone memiliki daya tarik "magis" yang sangat besar? Gue akan mencoba mengulasnya di postingan ini.

iPhone adalah jajaran smartphone dan Internet devices yang dibuat oleh Apple sejak tahun 2007. Apple iPhone memiliki fitur-fitur yang memang dapat dikatakan 'biasa' pada saat itu, dimana smartphone lain sudah terlebih dahulu mengadopsinya. Fasilitas seperti kamera 2MP, iTunes, Internet Browser, WiFi, push email, dll. Namun yang membuatnya berbeda dari kebanyakan smartphone lain adalah penampilannya, dimana iPhone tidak menggunakan keypad seperti layaknya smartphone lainnya melainkan menggunakan touchscreen yang lebar. Layar ini berukuran sekitar 3.5" Inci!! Cukup besar untuk smartphone pada tahun itu, dengan demikian iPhone dapat dikatakan sebagai pencetus era smartphone touchscreen yang sedang populer tahun ini. Pada generasi pertamannya iPhone sudah disambut antusias oleh masyarakat dunia, namun masih banyak kekurangan dari produknya tersebut, salah satu yang paling mengganjal adalah belum didukungnya teknologi 3G, iPhone pertama hanya mendukung teknologi 2G. jadi pada saat pertama rilis pengguna iPhone harus puas dengan koneksi GPRS dan EDGE untuk sambungan internet, ini sungguh menjadi ganjalan tersendiri bagi iPhone dimana pada tahun 2007 sebenarnya sudah terdapat teknologi HSDPA atau 3.5G. namun hal ini tidak menjadi penghalang bagi Apple untuk tetap membuat iPhone menjadi primadona. Apple iPhone memiliki dukungan aplikasi yang sangat banyak jumlahnya, AppStore adalah "toko" resmi aplikasi iPhone, disana telah ada sekitar +100.000 aplikasi yang siap dipakai oleh iPhone, disana ada beragam jenis mulai dari freeware, hingga yang berharga puluhan juta rupiah!!

Setelah kehadiran iPhone 2G yang cukup menggemparkan tahun 2007, Apple kembali meluncurkan iPhone 3G. kali ini iPhone sudah mendukung teknologi 3G UMTS, sehingga kini para pengguna iPhone 3G bisa menikmati internet mobile dengan kecepatan tinggi. Perbaikan lainnya adalah dari segi penghematan daya, dimana kini iPhone 3G menggunakan batere yang lebih kecil ketimbang iPhone 2G–ini membuat iPhone 3G tampil lebih tipis dan ringan tentunya. Untuk kamera, layar, dll masih belum ada perubahan, mungkin hanya peningkatan performa internal dengan digunakannya iPhone OS yang lebih baru lagi. Oh ya! iPhone 3G juga sudah menggunakan material yang berbeda dari iPhone 2G, jika sebelumnya menggunakan bahan Aluminium, sekarang beralih menggunakan bahan Hard plastic. Perubahan ini membuat iPhone 3G lebih ringan namun lebih tampak rapuh jika dibandingkan dengan pendahulunya yang memakai Aluminium. Pada tahun 2008, iPhone 3G mulai menampakkan "taringnya" di hadapan vendor-vendor smartphone yang lebih dahulu ada seperti Nokia dan Sony Ericsson. iPhone 3G sendiri adalah smartphone yang paling banyak digunakan di Amerika Serikat, tentu saja tidak lain karena negara tersebut adalah negara asal iPhone. Namun sejak iPhone 3G diluncurkan, penggunanya di seluruh dunia semakin meningkat. Sungguh suatu ancaman yang sangat berbahaya bagi Nokia.

Setelah puas dengan iPhone 3G, Apple akhirnya merilis kembali iPhone 3GS pada tahun 2009 lalu. Disini peningkatan yang cukup berasa mulai terlihat, peningkatan terjadi pada penggunaan Harddrive yang lebih tinggi, RAM yang kini sebesar 256MB, GPU yang lebih baik, prosesor yang kini memiliki kecepatan 600MHz membuat iPhone 3GS tampil dengan sangat mempesona. Selain itu ada kamera yang sudah menggunakan resolusi yang lebih baik daripada iPhone 2G maupun 3G, yaitu sebesar 3.2 Megapixels–memang ukuran tersebut masih terbilang minimal pada tahun 2009 dikarenakan smartphone Nokia sudah memiliki optik sebesar 5MP dengan lensa Carl-Zeiss Tessar pada tahun 2007. Namun setidaknya peningkatan "sia-sia" tersebut sedikit mengobati fans iPhone.

Tahun 2010 ini, Apple dikabarkan akan segera meluncurkan iPhone 4G. hal ini semakin kuat adanya ketika seorang karyawan Apple lalai meninggalkan Prototype iPhone 4G yang berstatus "Top Secret" ini di dalam toilet. Akhirnya ada seseorang yang menemukan 'calon' iPhone terbaru ini dan akhirnya menjualnya ke Gizmodo seharga $5000. Akhirnya Gizmodo mempublikasikan hal ini di internet, hal ini tentu saja membuat Apple geram dibuatnya dan akhirnya Apple meminta Gizmodo untuk mengembalikan 'barang' mereka. Dari kejadian ini tentu saja seluruh masyarakat sudah tahu bahwa Apple akan merilis iPhone 4G tahun ini juga. Bahkan dikutip dari Gizmodo mengatakan bahwa produk yang hilang tadi bukanlah lagi sekedar Prototype melainkan sebuah produk yang sudah siap dirilis. Mereka mengatakan bahwa jika dilihat dari nomor-nomor yang tercantum pada bodi iPhone 4G tersebut menandalan bahwa produk tersebut bukanlah prototype. Cepat atau lambat pasti Apple akan segera merilisnya ke pasar tahun ini juga.

Well, diatas adalah sejarah singkat iPhone beserta sedikit spesifikasinya. Tapi buat para masyarakat di Indonesia, mungkin iPhone masih belum merupakan gadget yang bermanfaat dimana daya beli produk mahal di Indonesia masihlah rendah. Bahkan menurut gue masih bagusan N95 8GB, dengan harga yang lebih murah bisa mendapatkan fitur-fitur yang juga sangat canggih.

0 comments:

Post a Comment