"there's nothing too big to learn" temukan disini !

Thursday, June 30, 2011

Google+ : Jejaring sosial (lagi)

image

oke. mungkin hampir dari pengguna internet di dunia telah memiliki (setidaknya) satu akun di sebuah situs jejaring sosial. ya! kini situs jejaring sosial seperti ini sedang digemari oleh masyarakat dunia, contohnya saja Facebook. ia adalah ‘raksasa’ dalam dunia jejaring sosial. bagaimana tidak? ia telah memiliki sekitar 750.000.000 akun terdaftar, dan jumlah tersebut akan terus bertambah diiringi dengan penetrasi internet yang kini sudah semakin lazim.

melihat kesuksesan yang diraih Facebook, Google yang saat ini mendapat predikat sebagai ‘monster’ di internet tentu tidak tinggal diam. Google ‘pun tidak ingin ketinggalan di kancah Jejaring Sosial. akhirnya Google meluncurkan beberapa platform jejaring sosial. awalnya adalah Orkut yang tidak begitu sukses, yang akhirnya di ganti dengan Google Wave yang akhirnya juga kalah pamor, dan yang terakhir ini adalah Google Buzz. tapi apa nyatanya? sang ‘raksasa’ internet pun tidak mampu mengalahkan Facebook dalam bidang Jejaring Sosial.. kekuatan Facebook mungkin terlalu besar untuk dikalahkan dengan platform jejaring sosial yang terkesan ‘aji mumpung’ dan ‘dadakan’.

kini, tahun 2011. Google mencoba peruntungannya (lagi) di Jejaring sosial dengan meluncurkan Google+. Google+ adalah layanan jejaring sosial dari Google yang (saat ini) masih dalam tahap percobaan. namun, kali ini Google tidak membuat Google+ ini sebagai ‘asal-asalan’ kini Google sudah memantapkan langkahnya pada Google+ ini. dan memang, tampaknya usaha Google kali ini akan sedikit lebih sukses jika dibandingkan pendahulunya.

ini dia preview Google+

Google+ memiliki beberapa fitur kunci disini :

  1. Profile
  2. Home
  3. Photo
  4. Circles
  5. Sparks
  6. dan Hangouts

tiga di antara 6 tersebut mungkin sudah lazim ditemukan pada Jejaring sosial pada umumnya, namun tiga fitur yang lainnya mungkin adalah fitur yang di-desain khusus oleh Google

1. Circles

Ini contoh penerapan Circles pada Google+

2. Sparks

Penerapan Sparks pada Google+

3. Hangouts

Fitur Hangouts pada Google+

yap. sedikit informasi dariku. dan mungkin analisisku, proyek Google yang ini akan sedikit lebih sukses dari pendahulunya, walau tentu belum akan menggusur Facebook dan Twitter dalam waktu dekat Nerd smile

0 comments:

Post a Comment