"there's nothing too big to learn" temukan disini !

Friday, September 3, 2010

Windows Live Essentials 2011 = Pelengkap Kesenangan Web!!

 

essentials

Microsoft membuat Windows Live Essentials untuk melengkapi kemampuan Windows XP, Vista, dan 7 agar semakin bagus. namun versi terbaru Windows Live Essentials hanya bisa dinikmati oleh pengguna Windows Vista atau Windows 7 saja. Crying face 

Sebenarnya isinya apa saja ‘sih?? Di dalam Windows Live Essentials 2011, ada tiga pondasi penting daripada program ini, yaitu Windows Live, Social Messaging, dan Management. jadi, semua program yang ada di dalam Windows Live Essentials ini pasti memiliki kesemua kemampuan itu.

Windows Live Essentials 2011 terdiri dari 7 program, 4 program utama dan 3 program pendukung. 4 program utama adalah : Windows Live Messenger, Windows Live Photo Gallery, Windows Live Movie Maker, dan Windows Live Mail. keempat program tersebut memiliki fungsi dan tujuan masing-masing, namun tentu saja tetap mempertahankan 3 pondasi utama Live Essentials. Sedangkan program pendukung antara lain : Windows Live Sync, Windows Live Writer, dan Windows Live Family Safety.

Windows Live Messenger, mungkin pengguna Windows sangat akrab dengan program yang satu ini. ini adalah pengembangan dari Windows Messenger yang ada di Windows XP. pada versinya yang terbaru ini, kemampuannya sangat baik! ia dapat menjadi sebuah messenger lengkap dengan tambahan Social Updates didalamnya. Dengan Social Updates, pengguna tidak hanya disuguhkan update dari Windows Live Account saja, namun update teman-teman kita yang di Facebook atau Twitter juga bisa langsung terbaca disini. untuk update status juga bisa dilakukan di Windows Live Messenger 2011. bahkan untuk melakukan Facebook Chat, kita tidak perlu membuka browser, cukup chat di Windows Live Messenger layaknya chatting biasa! sungguh hebat bukan?? Memang fitur ini terdengar basi bagi sebagian messenger lain, namun hal ini masih belum bisa dilakukan oleh program messenger sekelas YM! bukan?

Windows Live Photo Gallery. Masih ingatkah dengan Windows Photo Gallery di Vista?? ya! Live Photo Gallery adalah pengembangan dari program tersebut. jika pada Windows Vista fungsinya hanya sebagai viewer dan editing, Windows Live Photo Gallery 2011 memiliki fungsi yang jauh lebih banyak. disini managemen file-nya mirip dengan Windows Photo Gallery, disusun berdasarkan folder, tanggal, rating, dll. namun yang membuatnya lebih ‘wah’ adalah kemampuan Social Updates-nya. dengan fitur ini, pengguna bisa langsung melakukan upload terhadap foto-fotonya ke situs sosial seperti Facebook, Flickr, dan tentu saja Windows Live! Mudah digunakan dan sangat terorganisir. yang tidak kalah menariknya adalah kemampuan Face Detection, fitur ini sudah pernah disematkan pada versi 2010, namun di versinya yang 2011 kemampuan ini sudah ditingkatkan lagi. sangat sensitif mendeteksi wajah, dan hampir semua face detection-nya tepat! bahkan jika sudah banyak ‘face’ yang terdeteksi, Windows Live Photo Gallery akan menggunakan alogaritma cerdas yang membuat program tersebut mengetahui siapa yang ada di dalam foto tanpa perlu campur tangan pengguna.Open-mouthed smile

Windows Live Movie Maker, adalah perkembangan daripada Movie Maker. khusus untuk program ini memerlukan spesifikasi khusus, yaitu VGA harus mendukung DirectX 9.0c. persyaratan ini juga pernah berlaku pada Windows Movie Maker di Windows Vista. dan memang benar, spesifikasi yang berbeda dibutuhkan disini karena editing video disini sudah ditingkatkan kemampuannya. lebih banyak efek dan kemampuan editing lainnya. namun yang cukup menggembirakan dari Windows Live Movie Maker 2011 ini adalah dukungan untuk meng-edit video High Definition 1080p, jadi kini Windows Live Movie Maker tidak hanya bisa menghasilkan video kelas teri, namun juga mampu bersaing untuk meghasilkan video berkelas!!

Windows Live Mail, ahhh. . . ayo kita mengenang era Outlook Express. . . dan ya!! pasti kita tahu bahwa fungsinya Outlook untuk mengirim e-mail. begitu juga dengan Windows Live Mail. namanya memang sama dengan program bawaan Vista, namun disini sudah sangat berbeda. banyak fitur yang baru ditawarkan disini, salah satu yang paling menonjol adalah Ribbon. Ribbon interface membuat kita serasa menggunakan Microsoft Office Outlook 2010, dan tentu saja itu berarti akan mempercepat pekerjaan kita semua. junk-mail filter kini terus ter-update selama tersambung ke Internet. yang bagus lagi adalah ia terhubung dengan Windows Live Calendar, dan ini memang program yang tidak ada secara terintegerasi di Windows (kecuali Vista). tetap ter-sinkronasi dengan jadwal-jadwal di Cloud Calendar membuat kita tidak perlu takut akan melewatkan jadwal penting. Open-mouthed smile

Windows Live Sync, Program ini sangat menunjukkan ‘kecintaan’ Microsoft terhadap Cloud Computing. Live Sync akan membuat data-data di komputer akan selalu ter-sinkronisasi dengan Server Cloud kita. keuntungan dari sistem ini adalah kita tidak mungkin kehilangan data, karena seluruh data yang telah di-sinkron masih aman di “awan”. sistem ini juga membuat kita tidak perlu bingung ketika memiliki sebuah komputer yang berbeda, cukup install program ini di komputer kedua, masukkan akun dan .  . . wink!! dalam beberapa menit (tergantung file) data antara komputer yang satu dengan lainnya akan sama. dan jika sudah begitu, tidak perlu khawatir akan tidak samanya file antara dua komputer, walaupun meng-edit-nya di komputer 2, file di komputer 1 juga tetap akan terhubung dan ter-update!

Windows Live Writer, Pernah saya jelaskan di artikel sebelumnya. . namun tidak ada salahnya mengingat kembali. Live Writer adalah komponen di dalam Live Essentials yang berguna untuk menulis sebuah artikel di Blog. walaupun memiliki embel-embel Windows Live, namun ternyata program ini mampu bekerja baik dengan blog lain seperti Blogger, Wordpress, dan lainnya. bahkan untuk Wordpress, ia mendukung sangat banyak fitur. kemudahan lainnya adalah karena proses editing disini dilakukan secara offline, sehingga untuk pemilik koneksi dial-up tidak perlu khawatir tagihan akan jebol ketika menulis sebuah artikel panjang dalam waktu berjam-jam!

Windows Live Family Safety, sebenarnya hanya program ini yang saya tidak tahu fungsinya. memang semuanya tahu bahwa program ini berguna untuk memproteksi internet dari konten-konten yang tidak layak. namun hal ini membuat saya teringat dengan Parental Control di Windows Vista dan 7 yang melakukan hal yang sama. . . memang Life Family Safety akan berguna di Windows XP yang tidak memiliki proteksi terintegerasi, namun untuk Windows Vista dan 7 ??

1 comments:

Download PESEdit 2014 Patch 1.1 said...

thx (y)

Post a Comment