"there's nothing too big to learn" temukan disini !

Saturday, June 25, 2011

Facebook Places

wow. mungkin informasi ini memang agak basi ya. namun ternyata tidak sedikit orang yang masih belum mengetahuinya, sehingga tidak salah jika aku mem-posting artikel tentang ini. hahahaha karena penting atau tidak, fitur ‘Places’ pada Facebook ini cukup mengasyikkan, bahkan terkadang berguna untuk membuat kehidupan ‘social networking’ kita menjadi semakin mengarah ke ‘real sociality’.

sebenarnya, apa ‘sih’ Facebook Places ini? ya! ini adalah fitur dari Facebook yang memungkinkan kita untuk memberitahu keberadaan kita melalui Facebook dengan bantuan fasilitas GeoLocation yang sudah sering kita jumpai di Browser-browser terbaru. dengan begitu, teman kita di Social Networking bisa mengetahui keberadaan kita dan ‘mungkin’ akan mempermudah kita untuk dapat berinteraksi secara langsung, karena kita mengetahui keberadaan teman kita yang sesungguhnya.

Facebook Place ini menggunakan bantuan dari Bing Maps yang kemampuannya cukup akurat. hanya saja Facebook Place ini HANYA DIGUNAKAN UNTUK MOBILE dan aku masih belum mengetahui apakah bisa digunakan untuk desktop. maka dari itu, diperlukan sebuah browser mobile yang mendukung Geo Tagging. disini, aku menggunakan browser Opera Mobile 11 yang berjalan pada sistem operasi S60v3 di Nokia E71. Mengapa Opera Mobile? karena ia adalah browser untuk mobile yang paling ‘full’ jika dibandingkan dengan lainnya. disini Opera Mini tidak dapat digunakan untuk fasilitas Facebook Places ini.

Bagaimana Cara Menggunakannya :

  1. Buka Facebook.com melalui browser kalian (Opera Mobile)
  2. di Homepage akan terlihat tulisan ‘places’ dibawah box update status
  3. klik tombol tersebut
  4. maka Facebook akan melakukan scanning terhadap lokasi kamu
  5. jika baru pertama kali, Opera Mobile akan memunculkan pop-up tentang Privacy Statement, disana klik ‘accept’ dan jangan lupa centangi ‘always for this site’
  6. selesai, deh. kita bisa berbagi lokasi kita dengan teman di social networking
  7. kita juga bisa melakukan tagging terhadap teman-teman kita lho.. dibutuhkan browser yang mendukung JavaScript lengkap, dan Opera Mobile sudah mendukungnya Rolling on the floor laughing

segala kelebihan ini merupakan usaha Facebook untuk memperkecil pesaingnya. karena dulu sebelum fitur ini, banyak orang yang memanfaatkan FourSquare untuk hal seperti ini, namun nampaknya kejayaan FourSquare tak akan lama lagi, karena Facebook sudah memasukkan fitur ini sebagai fitur standar.

0 comments:

Post a Comment