"there's nothing too big to learn" temukan disini !

Sunday, June 26, 2011

Analisis : Kematian Firefox

oke. mungkin kalian ketika mengunjungi blog ini ada yang sedang menggunakan Internet Explorer, Safari, Opera, Google Chrome, maupun Mozilla Firefox. tapi nampaknya tahun ini dan tahun depan akan ada sedikit perubahan pada perang browser, dimana disini Firefox-lah yang akan sedikit jatuh. ya! seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa Firefox adalah browser nomor 2 di dunia setelah Internet Explorer dan terus berkembang. ia diluncurkan pada 2005 dan mungkin mencapai puncaknya pada tahun-tahun ini. ya mungkin fans loyalitas Firefox sangat banyak, namun kelak mereka akan dikecewakan. sungguh.

faktor lain yang menyebabkan ‘kematian’ ini adalah karena diluncurkannya juga browser revolusioner Google Chrome pada tahun 2008. browser ini langsung menarik perhatian para pengguna web. dan mayoritas dari pengguna Chrome menyatakan sangat puas, karena Chrome Cepat, Ringan, dan Minimalis. Chrome-pun berkembang sangat cepat! bahkan dapat dikatakan luar biasa. ini terlihat dari perkembangan Chrome-Extensions (Add-on untuk Chrome) yang semakin hari semakin banyak.

Lalu, juga ada faktor dari Internet Explorer. Internet Explorer 9 adalah versi terbaru dari Internet Explorer, dan browser tersebut berhasil menunjukkan peningkatannya. ia Cepat, Ringan, dan Web Standard. untuk benchmark di komputerku sendiri, tercatat Internet Explorer memiliki waktu yang lebih singkat untuk dibuka pertama kali daripada Firefox. bahkan untuk cold boot ia sedikit lebih cepat dari Chrome. Internet Explorer 9 juga menawarkan tampilan yang segar, minimalis, sehingga pengguna web tak-akan terganggu dengan banyaknya ‘ornamen’ yang menghiasi browser tersebut

di lain sisi, Opera dan Safari memiliki keadaan yang cukup stabil, karena mereka merupakan browser minoritas, dimana penggunanya tidaklkah sebanyak ketiga ‘monster’ tersebut (IE, Chrome, Firefox). Namun Opera memiliki potensi yang cukup besar, kelebihan dari Opera adalah dari segi inovasi, menurutku ia browser yang paling inovatif diantara lainnya. ia cepat, ringan, dan mudah. sedangkan Safari, mmmmm…. ia sangat minoritas di kalangan pengguna Windows. bukan karena Safari itu ‘Apple’ namun Safari memang tidak sangat bekerja baik di Windows. namun menurut survey, pengguna Mayoritas Safari adalah pengguna Mac sendiri. pengguna Mac jauh lebih suka menggunakan Safari daripada Firefox maupun Google Chrome, karena Safari sudah terasa lebih ‘terintegerasi’ daripada browser lainnya.

nah, bagaimana ceritanya dengan Firefox? ya! arsitektur Gecko-nya mungkin untuk sekarang tidak cukup baik. jika dilihat-lihat, Web-Kit (Safari dan Chrome), Presto (Opera), dan Trident (Internet Explorer) menawarkan kecepatan dan kemampuan yang lebih baik dari engine Gecko. Gecko cukup lambat dan terlihat tertinggal. Firefox juga termasuk lambat dalam cold boot dan hal tersebut cukup dibenci pengguna internet. dari segi add-on, Firefox mungkin unggul, namun nampaknya Add-On di Firefox cukup berdampak pada kecepatan Firefox itu sendiri. berbeda dari Internet Explorer, ia mungkin di-khususkan bagi orang yang ingin serba cepat, karena ia minim add-on dan semua penggunanya puas dengannya.

kesalahan lagi, adalah kulihat Firefox 4 adalah GAGAL. ini terlihat dari munculnya Firefox 5 yang hanya memerlukan beberapa bulan sejak peluncuran Firefox 4. dimana Firefox 4 memerlukan waktu sekitar 4 tahun lebih untuk diluncurkan. bukankah ini cukup aneh? nampaknya Firefox 4 gagal menarik minat pengguna web. seperti yang diketahui, Firefox 4 diluncurkan pada saat yang sama ketika Internet Explorer 9 dan Google Chrome 10 Diluncurkan. pengguna internet mungkin tertarik pada Internet Explorer dan Google Chrome dibandingkan Firefox.

oke… itu sedikit analisis dariku. mmmmm,, siap ganti browser? hahahaha

0 comments:

Post a Comment