"there's nothing too big to learn" temukan disini !

Monday, September 20, 2010

Flock : Browser bagus tapi. . . . .

Capture

Hari ini persaingan browser sudah semakin sengit saja, kini persaingan akan memasuki babak berikutnya.. banyak pengembangan dari browser-browser lawas, seperti Microsoft telah sukses meluncurkan Internet Explorer 9 Beta, Mozilla sedang mengembangkan Firefox 4 yang saat ini juga masih beta, begitu juga dengan Chrome, Chrome 7 diklaim lebih baik ketimbang Chrome 6, dan itu juga masih beta. kini semua browser tersebut telah mencapai titik yang sama, yaitu semuanya memiliki kekurangan dan kelebihan, tidak ada yang benar-benar sempurna. dan hal tersebut juga-lah yang terjadi pada Flock.

 

Flock 2.x.x adalah browser yang berbasisikan Firefox, sehingga tentu saja semua orang dapat menggunakannya dengan mudah. Flock memiliki cara lain untuk bersaing dengan browser-browser lainnya, yaitu dengan mengandalkan kemampuan social networking-nya. Flock memiliki berbagai macam fitur khusus untuk mendukung kegiatan Social Networking, antara lain People sidebar, Media Bar, dll. semua fitur khusus tersebut membuat Flock menjadi sedikit berbeda jika dibandingkan dengan browser lainnya. namun dibalik semua itu, sebenarnya Flock juga bukan browser yang terlalu bagus, banyak yang dikeluhkan di Flock.

 

Internet Lambat :

Memang benar Flock berbasiskan Firefox yang seharusnya cepat, ya memang ia cepat namun tidak secepat Firefox sebenarnya dan browser-browser baru lainnya. salah satu yang membuat lambat adalah fitur-fitur Social Networking-nya yang terlampau banyak dan terlalu bervariasi, tentu saja hal ini dapat mempengaruhi kinerja browser secara signifikan bukan??

Untuk ukuran browser keluaran 2010, Flock cenderung tertinggal… Flock 2.6.x adalah versi terbaru dari Flock 2 Series. dan ia masih menggunakan engine Firefox 3.x dimana saat ini Firefox telah memiliki seri 3.6.x yang jauh lebih cepat.

 

Masih belum W3C :

Siapa bilang cuma Internet Explorer saja yang belum mendukung W3C?? Flock juga! Flock terbaru masih menggunakan Engine Firefox 3 yang sudah dikeluarkan sejak tahun 2008 lalu, sehingga sudah dipastikan banyak tes yang tidak akan terlewati olehnya, seperti Acid3 Test ia masih belum dapat melaluinya dengan baik, begitu juga dengan SunSpider Javascript kemampuannya tergolong lambat untuk browser masa kini.

 

Boros Layar :

Kekurangan yang cukup mengganggu dari Flock adalah kenyataan bahwa ia benar-benar boros layar. dalam kondisi standarnya saja, Flock membuat monitor dengan resolusi 1024x768 terasa benar-benar sempit! padahal dengan resolusi segitu seluruh halaman web seharusnya masih tampil dengan baik. Flock memiliki banyak sekali toolbar, tombol-tombol yang banyak dan rumit, sidebar yang melimpah, dll. Bagi sebagian pengguna, hal ini tentu saja sangat mengganggu, mengingat kini browser-browser terbaru sudah ber-orientasi kepada antarmuka browser yang lebih clean dan simpel.

 

Flock 2.6.x memang cukup mengecewakan untuk bertarung di pasar browser saat ini, namun bagi yang fanatik dengan Flock, ada hal yang bagus. Flock 3 Beta tampaknya cukup bersaing dengan browser-browser lainnya, karena kini pada Flock 3 ia sudah menggunakan engine Chromium yang sama dengan yang digunakan Google Chrome! tampilannya sudah mengikuti standar Chromium yang bersih dan minimalis.

0 comments:

Post a Comment