"there's nothing too big to learn" temukan disini !

Wednesday, September 29, 2010

New Twitter Unleashed!

twitternew

Memang sekarang di era web sekarang, perubahan sangat cepat sekali terjadi. tidak terkecuali sebuah situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Facebook pada awal tahun 2010 telah merombak tampilan Facebook agar lebih intuitif dan mudah digunakan daripada sebelumnya. nah, kini giliran Twitter yang merombak tampilannya!!

Sebelum kita beranjak ke topik, kita harus mengetahui dulu apa itu Twitter?? Twitter adalah sebuah layanan microblogging yang memiliki kemampuan untuk update status (tweets) dengan 140 karakter. keterbatasan karakter ini memang sangat cocok untuk target Twitter itu sendiri, dimana tujuan Twitter adalah untuk berbagi informasi tentang apa yang kita lakukan, bagaimana keadaan kita, dan lainnya. Sejak pertama dibuat di tahun 2006, Twitter  sudah menunjukkan “taringnya” dengan fakta bahwa pengguna Twitter semakin banyak tiap tahunnya. Twitter sangatlah sederhana dibandingkan Facebook, ia tidak memiliki layanan chatting, photo upload, video upload, dll. namun hal itulah mengapa Twitter tidak dapat dikatakan pesaing Facebook, karena keduanya menawarkan sesuatu yang berbeda.

Kembali ke topik, antarmuka Twitter terbaru memang cukup dinamis dan lebih futuristik. ada berbagai macam komponen baru hadir di Twitter, mulai dari yang bagus, hingga yang terkesan percuma.

1. new Toolbar

twitterbar

kini Twitter menawarkan toolbar baru di bagian atas layar. Toolbar ini menggantikan button yang terdahulu, dan bagusnya, kini Twitter search sudah langsung terintegerasi dengan toolbar tersebut, sehingga untuk mencari seseorang atau sebuah tweets di Twitter menjadi lebih mudah dan tidak berbelit-belit. ada juga tombol yang baru, yaitu tombol untuk update status. letaknya di sebelah kiri profil picture… tombol ini akan memunculkan sebuah pop-up baru untuk melakukan tweets, hal ini tentu saja sangatlah lebih efisien daripada sebelumnya. di Twitter yang lama, seseorang harus kembali ke halaman Home untuk melakukan update status, namun dengan pop-up baru ini, kita bisa melakukan update status di mana saja.

2. Double Box

twitterbox

Jika sebelumnya Twitter hanya menggunakan single box yang minimalis, kini Twitter hadir dengan combo box yang efektif dan masih tetap minimalis. Twitter benar-benar memanfaatkan monitor widescreen yang sedang trend saat ini, sehingga komputer dengan layar lebar akan dapat merasakan benar manfaat dari combo box ini. di bagian kiri, menampilkan tweets dari para following dan followers kita, box yang ini memang tidak menawarkan hal baru, hanya saja kini akses ke @mentions, Retweets, Searches, dan Lists menjadi lebih mudah diakses. yang paling menarik adalah box di sebelah kanan, dengan memunculkan box ini, kita bisa melihat secara lengkap postingan seseorang di Twitter. keunggulan lainnya adalah photo preview, dengan photo preview, jika seseorang menaruh link twitpic, kita bisa langsung melihat foto tersebut di Twitter!!

3. Who-to-Follow

twitterfol

Kini Twitter semakin mirip facebook, follow suggestion hadir untuk melengkapi Twitter anda. Jika dibandingkan sebelumnya, Who-to-follow yang baru memiliki daftar yang lebih panjang. memang tidak terlalu penting, namun untuk beberapa hal kecil hal ini dapat sangat membantu daripada tidak sama-sekali. hahaha

New Twitter video

0 comments:

Post a Comment