"there's nothing too big to learn" temukan disini !

Friday, April 30, 2010

Overclocking

Overclocking adalah tindakan yang memacu suatu komponen pada komputer melebihi daripada kecepatan sebenarnya. Ya! Inilah yang dilakukan sebagian professional user, alasan terkuat mereka melakukan hal tersebut adalah karena mereka ingin memiliki PC yang lebih cepat tanpa melakukan upgrade, namun nggak sedikit juga yang punya alasan bahwa Overclocking adalah hobi. Overclocking sebenarnya sudah dikenal dalam dunia perkomputeran sejak dulu, namun pada saat itu masih kurang berkembang. Pada saat itu overclocking masih belum didukung oleh hardware-hardware yang mendukung, selain itu risiko tinggi juga menjadi alasan kuat untuk tidak melakukan overclocking pada waktu itu.

Namun baru pada era Pentium II –lah Overclocking mulai dilirik, karena pada waktu itu telah terpecahkan rekor baru dimana prosesor Celeron® mampu mengalahkan Pentium II. Padahal seperti yang sudah kita ketahui, Celeron adalah jajaran prosesor Intel yang diciptakan sebagai kelas dibawah Pentium, namun berkat Overclocking yang tepat, Celeron mampu mengalahkan performa daripada Pentium II. Sejak saat itulah orang mulai banyak mencari prosesor Celeron, karena alasan itulah Pentium II tidak begitu laku dipasaran. Terlepas dari "kisah" Pentium II vs Celeron, Overclocking saat ini sudah didukung oleh perangkat-perangkat yang memang telah di desain untuk itu. Tidak sedikit motherboard, prosesor, VGA, memory, dll yang telah dioptimalkan untuk di-overclock.

Saat ini 'pun Overclocking mampu menghasilkan peningkatan kinerja 15-40% ! dengan peningkatan sebanyak itu, tentu saja akan membuat produktivitas menjadi lebih baik dan lebih cepat daripada biasanya.

0 comments:

Post a Comment