"there's nothing too big to learn" temukan disini !

Tuesday, April 13, 2010

Sound System

Hohoho, memang saat ini perangkat ini kurang menjadi sorotan dalam dunia perkomputeran sekarang ya . . . tapi bagi sebagian orang (itupun jumlahnya sedikit) sistem audio pada PC adalah hal yang sangat penting, biasanya kalangan seperti ini disebut Audiophile. Para Audiophile ini biasanya sangat sensitif terhadap suara-suara yang dihasilkan sebuah sistem audio. Nah, untuk menghasilkan suara yang "menggelegar" dibutuhkan sebuah Sound Card dan Speaker. Sebenarnya keduanya adalah kebutuhan yang sangat biasa untuk kita, tapi bagi para Audiophile, mereka harus memilih dan memilah komponen tersebut untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

Untuk Sound Card, biasanya mereka menuntut kartu suara yang non-onboard. Aneh-aneh ya?? Padahal untuk ukuran gue, sound card AC '97 sudah dapat menghasilkan kualitas suara yang sangat bagus, bahkan jaman sekarang motherboard-motherboard terbaru setidaknya menyediakan soundcard dengan standar HD-Audio. Namun sekedar HD saja buat para Audiophile itu sangatlah kurang, mereka biasanya memerlukan soundcard yang "sesungguhnya". Arti sesungguhnya ini adalah dimana ia tidak menyatu dengan motherboard, melainkan menjadi komponen tersendiri layaknya sebuah VGA. Maka dari itu produsen motherboard tidak tinggal diam, mereka ingin menyediakan sesuatu yang terbaik untuk kalangan high-end. Motherboard yang menyediakan sistem audio bagus adalah ASUS, dimana ia menghadirkan solusi audio SupremeFX™ untuk memuaskan hasrat para Audiophile.

SupremeFX™ menggunakan slot PCIe x1 sehingga aliran suara yang mengalir tidak akan terganggu dengan komponen lainnya. Soundcard ini mendukung standar HD Audio, namun bukan sekedar HD. Tes yang dilakukan oleh RMAA (Right Mark Audio Analyzer) telah membuktikan bahwa kualitas suara yang mampu dihasilkan oleh SupremeFX ini lebih baik dari standar HD Audio biasa, tentu saja ini merupakan kabar baik bagi para Audiophile tentunya. Soundcard ini telah memiliki berbagai revisi, dan yang terbaru adalah SupremeFX II. Tentu saja loe sudah bisa ngebayangin gimana suaranya bukan?? Tapi jangan terlalu senang dulu jika sudah memiliki soundcard SupremeFX, untuk para Audiophile soundcard ini adalah yang "terburuk". Hah!?? Bagaimana mungkin? Mungkin saja! Mereka menuntut yang terbaik dari yang terbaik. Untuk masalah ini mungkin Creative memiliki solusinya.

Creative sudah kita kenal sebagai produsen soundcard sejak lama, mungkin Creative-lah yang telah membuat komputer pertama gue bisa "berbicara". Ya! Ia telah memproduksi soundcard sejak masih menggunakan slot ISA, bisa dibayangkan bukan bagaimana kualitas suara yang bisa dihasilkan?? Bagi gue mungkin setara dengan SupremeFX II karena gue bukanlah Audiophile! Hehehehe. . .

Untuk soundcard High-End, Creative memiliki Audigy 2 Elite. Wah, dari namanya saja sudah terdengar sangar. Memang begitulah kenyataannya, ia sangatlah lengkap dan bagus. Tidak cukup dengan kartu suara mewah saja, Creative juga melengkapinya dengan alat-alat canggih yang keluar dari casing untuk mengatur kualitas suara yang dihasilkan. Memang benar bahwa Audigy 2 Elite ini diperuntukkan untuk kalangan Audiophile, harganya saja mencapai 3 jutaan!! Dengan harga segitu kita bisa mendapatkan sebuah motherboard high-end ASUS dengan SupremeFX didalamnya.

0 comments:

Post a Comment