"there's nothing too big to learn" temukan disini !

Saturday, April 10, 2010

Windows XP will never Die*

Mungkin gue dapat mengatakan bahwa Windows XP adalah Windows yang tidak akan pernah mati, bahkan hingga kini masih banyak sekali software-software yang membuat Windows XP menjadi lebih baik. Entah itu freeware atau bukan, bahkan Microsoft sendiri masih menyediakan beberapa update berkala untuk Windows XP. Mulai dari software maintenance, office, multimedia, hingga desktop experience masih tersedia untuk Windows XP. Bukan main-main, dimana dari semua jenis software yang disebutkan tadi masih tersedia versi terbarunya untuk Windows XP, bahkan untuk software buatan Microsoft sekalipun!!

Lihat saja, Windows XP masih bisa menjalankan Microsoft Office 2010. Tentu saja ini merupakan berita baik bagi kantor-kantor, karena mereka masih tetap akan dapat menikmati program produktivitas Office terbaru tanpa harus meng-upgrade Windows mereka, terlebih lagi mereka tidak harus mengganti hardware karena mereka tetap menjalankan Windows XP yang ringan dan cepat. Ini mungkin saja membuat masa "kematian" Windows XP semakin panjang, masih sekitar 70% dari total pengguna Windows di seluruh dunia yang menggunakan Windows XP. Diperkirakan jumlah itu tidak akan habis hingga 2014, dimana pada tahun itu mungkin Microsoft sudah meluncurkan Windows 9 karena Windows 8 telah diluncurkan dua tahun sebelumnya 2012. Ini merupakan waktu yang sangat lama mengingat Windows XP pertama kali diluncurkan tahun 2001, ini berarti Windows XP memiliki umur 13 tahun. Waktu yang sangat lama untuk sebuah software, bahkan dapat dikatakan ini Windows terbaik sepanjang sejarah!!

Windows XP memang telah menunjukkan "keberadaannya", ia tidak mudah dikalahkan oleh sistem operasi lain termasuk Windows Vista atau Windows 7. Namun ia juga memiliki sejarah yang cukup membanggakan juga, pada saat pertama kali peluncurannya ia disambut baik oleh sebagian besar pengguna PC dunia. Mereka mengharapkan Windows yang lebih baik daripada Windows ME dan memiliki kestabilan yang tinggi layaknya Windows 2000, mereka 'pun juga menginginkan Windows yang lebih "ramah" terhadap game seperti Windows 98. Dan Microsoft menanggapi semua masukan tersebut untuk "diramu" menjadi sistem operasi yang sangat hebat, dan muncullah Windows XP.

Windows XP tidaklah menuntut spesifikasi yang sangat tinggi untuk menebus semua kemampuannya, namun bukan berarti Windows XP tidak dapat memanfaatkan sistem dengan perangkat-perangkat yang canggih. Windows XP mendukung memory hingga jumlah maksimal pada Motherboard, prosesor multicore juga didukungnya dan semua resource itu mampu dimanfaatkan secara maksimal, karena Windows XP sendiri sudah mendukung multiple prosesor layaknya Windows 2000. Tentu saja ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan bagi Microsoft, sambutan yang baik telah hadir dari semua kalangan user.


 

Windows XP telah berumur 9 tahun sekarang, dan hal ini tentu saja membuat Microsoft tidak tinggal diam membiarkan "anaknya" terus berjalan, Microsoft menginginkan posisi Windows XP tergantikan oleh "adiknya" seperti Windows Vista atau Windows 7. Maka dari itu Microsoft telah melancarkan bermacam strategi untuk "merobohkan" kekuasaan Windows XP yang sedemikian besar dan kuat. Salah satu caranya adalah menghentikan dukungan untuk program-program Microsoft, menghentikan support Windows XP pada waktu yang telah ditentukan (walaupun sebenarnya sudah ditentukan tahun 2007 habis, namun Microsoft memperpanjangnya hingga 2014). Program yang tidak dibuat untuk Windows XP antara lain adalah :

  1. DirectX terbaru (10 dan 11)
  2. Windows Media Player 12
  3. Internet Explorer 9

Semua itu memang terlihat tidak terlalu dipentingkan pada Windows XP (kecuali DirectX), namun seorang hacker professional menyatakan telah mampu membuat DirectX 10 untuk Windows XP!! Tentunya ini merupakan kabar yang sangat baik, mengingat game-game berjalan lebih cepat di Windows XP dibandingkan pada Windows Vista maupun 7. Ini berarti para user masih berusaha untuk mempertahankan Windows XP ketimbang meng-upgrade ke sistem operasi yang lebih baru.

Namun tidak semuanya baik dari Windows XP, umur yang sudah lama menyebabkan Windows XP memiliki banyak celah keamanan, mungkin para hacker telah memiliki banyak waktu untuk mempelajari Windows XP dan akhirnya memanfaatkan celah tersebut untuk hal-hal yang buruk. Namun untuk user yang rajin melakukan update terhadap Antivirus dan patch-patch Windows mungkin dapat tenang, dikarenakan pihak Microsoft cukup cepat menanggapi celah-celah tersebut dan "menambalnya" hingga tidak terjadi celah lagi.

Windows XP tampak sangat berkuasa sekarang, bahkan jika dibandingkan dengan Mac atau Linux benar-benar jauh!! Bahkan untuk pengguna yang fanatik terhadap Apple sekalipun setidaknya memiliki sebuah PC yang berjalan diatas Windows XP. Mereka memilih Windows XP karena alasan kompatibilitas software yang tinggi, selain itu mereka menyatakan bahwa sebenarnya mereka tidak terlalu fantatik dengan Windows, jadi mereka pikir mereka tidak akan memerlukan Windows versi terbaru, mereka lebih memilih Windows XP yang telah teruji dan terbukti.

Para pengguna Linux 'pun juga mengatakan bahwa Windows XP adalah sistem operasi yang luar biasa jika dibandingkan dengan Windows lainnya. Mereka juga mengatakan bahwa mereka akan lebih suka mengembangkan "engine" Wine untuk menyimulasikan Windows XP, karena mereka berpikir bahwa saat ini hampir semua program Windows berjalan baik pada Windows XP sehingga mereka menetapkan Windows XP sebagai stloer virtualisasi Wine disamping Windows Vista dan 7.

Sungguh ironi memang mengingat umurnya yang semakin tua, bukannya bertambah lemah malah semakin kuat saja! Hal ini tidak lain disebabkan peningkatan penjualan Netbook yang sangat tinggi, dan kebanyakan Netbook dijual dengan berdampingan dengan Windows XP. Produsen Netbook memilih Windows XP karena alasan kecepatan, dimana hardware pada Netbook itu dapat dikatakan adalah tenaga yang kecil jika dibandingkan dengan komputer desktop pada umumnya. Para pembeli 'pun tidak protes dengan kebijakan ini, bahkan kebanyakan dari mereka mengatakan sangat setuju dengan penggunaan Windows XP. Mereka mengatakan begitu karena mereka menggunakan Netbook mereka untuk bekerja, dan Windows XP telah menyediakan segalanya dalam kecepatan yang tinggi.

Lalu bagaimana dengan Windows Vista atau 7?? Nasib mereka mungkin tidak menentu, terlebih Windows Vista yang telah terbukti kalah dari pertarungan melawan Windows XP. Sedangkan Windows 7 masih "merangkak" untuk dapat meraih tahta Windows XP, namun ya itu tadi. . . mungkin baru pada 2014 ada yang berhasil "menjatuhkan" Windows XP dari tahtanya, dan yang jelas itu bukanlah Windows Vista.

0 comments:

Post a Comment