"there's nothing too big to learn" temukan disini !

Tuesday, May 4, 2010

Windows Genuine Advantages

Windows Genuine Advantages, atau yang biasa kita kenal dengan singkatan WGA ini adalah salah satu langkah yang diambil Microsoft untuk mengurangi Windows bajakan. Tentu saja fitur ini sangatlah berguna bagi Microsoft untuk mengetahui Windows bajakan yang menjelajah internet, cara kerjanya cukup simpel sebenarnya, yaitu WGA mengumpulkan data yang ada pada sistem PC kita dan mengirimnya ke server Microsoft untuk dilakukan validasi. Hal ini dilakukan seirama ketika Windows melakukan automatic update, sehingga bagi para user yang merasa bahwa Windows mereka adalah ilegal, biasanya mereka mematikan fitur automatic update. Padahal sepeti yang gue jejarin di postingam gue sebelumnya bahwa automatic update ini sangatlah bermanfaat, mampu membuat sistem komputer loe aman dari serangan hacker. Namun apa jadinya jika Windows ilegal tetap saja melakukan update? Tentu akan ada masalah yang terjadi, yaitu munculnya pop-up yang mengganggu yang mengharuskan loe buat membeli lisensi Windows asli. Layar desktop 'pun berubah menjadi layar hitam. Pernah gue baca di surat pembaca suatu majalah komputer menyatakan bahwa pop-up ini sangat sulit untuk dihilangkan, bahkan mereka menyarankan untuk meng-instal ulang Windows!! Sungguh tindakan yang sangat menyebalkan, dimana semua user komputer pasti menghindari yang namanya instal ulang Windows. Namun gue telah memiliki cara untuk menghilangkan pop-up tersebut secara permanen. . . berbekal skill yang cukup memadai untuk mengetahui seluk beluk PC gue, gue langsung saja memutar otak untuk menghilangkan pop-up ini. Kebetulan saja gue sudah hafal file system yang terdapat di folder Windows, jadi akan lebih mudah bagi gue untuk menghilangkan pesan mengganggu ini. Ya! Setelah gue selidiki lewat task manager, gue menemukan proses yang bernama "wgatray.exe" gue yakin bahwa itu adalah proses yang menjalankan pop-up tersebut, gue coba untuk "kill process" dan memang hilang, namun dengan cepat proses tersebut dieksekusi lagi. Karena semakin tertantang gue coba untuk mencari file-file yang berhubungan dengan kata-kata "wga" sehingga langsung saja gue gunakan fasilitas search untuk mencari file-file tersebut. Disana gue menggunakan parameter pencarian "wga". Dan akhirnya ketemu juga! Terdapat beberapa file yang bernama seperti itu, dengan tanpa keraguan gue langsung delete semua file tersebut. Namun apa daya, beberapa dari files tersebut tidak bisa dihapus! Mungkin ini salah satu perlindungan dari Microsoft untuk mencegah penghapusan WGA. Tapi gue nggak habis akal, langsung saja gue gunakan program bernama "unlocker" program tersebut sudah terbukti mampu menghapus file-file yang sangat bandel sekalipun. Dan hasilnya adalah. . . Percuma!! Microsoft menerapkan sistem perlindungan yang luar biasa kompleks untuk melindungi agar WGA tetap aktif di komputer hingga pengguna membeli lisensi Windows asli. Wah, pada awalnya sih bingung tapi berhubung gue bukan seorang end-user gue langsung saja mengambil jalan belakang. . . Yaitu dengan menggunakan Live CD linux. Langsung saja gue menggunakan distro "PCLOS 2007" yang gue miliki. Dan setelah booting lancar, gue langsung membuka Konqueror dan membuka folder dimana file-file WGA bandel tadi berada. Setelah ketemu, tidak segan langsung gue delete! Namun nggak bisa juga. . ! Wah, sepertinya Microsoft memanfaatkan kelemahan Linux, yaitu Linux tidak mendukung proses write pada harddisk dengan file system NTFS. Tapi dengan berbekal wawasan yang luas tentang PC, gue langsung mencari di internet mengenai distro Linux yang sudah mendukung NTFS. Akhirnya gue menemukan distro "KLIX's". Distro tersebut telah mendukung penuh NTFS. Caranya masih sama dengan sebelumnya 'kok! Namun kini hasil yang diperoleh adalah sangat sukses!! Gue berhasil menghapus semua file yang berhubungan dengan WGA!! Alhasil setelah gue restart ulang ke Windows, nggak ada lagi pesan peringatan lagi. . . . Jadi gue nggak perlu takut lagi untuk melakukan update, karena ketika gue mendapat hal seperti itu lagi, gue bisa menghilangkannya tanpa bekas.

0 comments:

Post a Comment