"there's nothing too big to learn" temukan disini !

Sunday, May 23, 2010

Linux vs Virus . . .

Virus adalah program jahat yang menyerang sistem operasi, mereka menggunakan celah keamanan yang berlubang pada sistem operasi. tentu saja gua yakin semua komputer di seluruh dunia pernah terinfeksi sebuah virus. Tapi apakah ada cara untuk menghindarkan PC dari virus?? caranya mudah, yaitu pasang saja Antivirus! Tapi apakah cara tersebut sudah membuat kita lega? belum!! untuk lebih leganya lagi gua sarankan untuk menggunakan kemapuan Automatic Updates, tapi gua yakin sebagian dari kita menggunakan Windows bajakan, dan tentu saja kita enggan untuk melakukan Automatic Updates karena takut ter-validasi bukan?? Memang masih ada caranya untuk menghilangkan pesan mengganggu dari Microsoft tersebut, yaitu gunakan Linux!

Tapi menurut gua, daripada menggunakan Linux untuk "mengakali" Microsoft, lebih baik 'kan jika kita benar-benar menggunakan Linux. Dengan menggunakan Linux, gua yakin nggak ada masalah lagi dengan Virus, dapat dikatakan sekali memakai Linux, kita akan terbebas dari kebutuhan untuk meng-install antivirus, auto update, patch, dll. Mengapa bisa begitu?? Karena Linux adalah sistem operasi nomor 2! para pembuat virus enggan untuk menciptakan virus untuk Linux, namun jika ada yang membuat virus, mungkin dengan segera komunitas akan melakukan tindakan yang lebih jauh lagi, dimana kebanyakan komunitas Linux itu berasal dari ahli-ahli komputer kelas wahid.

Namun jangan pernah berpikir bahwa Linux itu sangat aman, tidak! Linux juga mempunyai celah keamanan hanya saja "jarang" ditelusuri, namun disini ditekankan bahwa Linux adalah sistem operasi biasa. Dan bagusnya lagi, kini sudah banyak program sekuriti yang di desain untuk Linux. Seperti ClamAV, NOD32, BitDefender, Firewall, dll. Mereka adalah program-program yang akan membuat Linux semakin aman.

0 comments:

Post a Comment