"there's nothing too big to learn" temukan disini !

Friday, May 21, 2010

Ebook

Jaman dulu (sekarang juga masih) orang jika ingin membaca suatu cerita atau informasi, mereka harus membawa sebuah kumpulan kertas yang disusun secara urut dan rapi, atau biasa kita sebut sebagai Buku. Buku disini masih dalam bentuk yang konvensional, dimana masih menggunakan kayu yang telah diolah sebagai bahan utamanya. Hahahah!! gua ngomong seolah-olah buku itu adalah barang yang sangat 'kuno, dan tidak praktis. Memang pada kenyataannya seperti itu, namun sekarang orang yang gemar membaca tidak akan lagi disulitkan oleh "benda berat" bernama buku itu. Kini di era komputer seperti sekarang, buku sudah 'bertansformasi' menjadi sebuah kumpulan bit-bit elektronik yang membentuk sebuah kesatuan yang bernama Ebook. Untuk sekedar mengingatkan saja ya, Ebook itu ada dua, yaitu hardware dan files. Ada sebuah perangkat keras mirip sebuah PDA berukuran raksasa yang khusus untuk membaca buku-buku digital, produsen yang terkenal sekarang adalah Amazon dengan Kindle-nya, namun mulai disusul oleh Apple dengan iPad mereka. Nah, itu tadi untuk Ebook Hardware, sedangkan untuk Ebook yang lain adalah sebuah buku yang telah di-digitalkan menjadi sebuah file (biasanya) PDF, dan dapat dibaca oleh seluruh komputer tidak selalu harus memakai Ebook (hardware)

Terlepas dari perbedaannya, Ebook mempermudah seseorang untuk membaca. Kini mereka tidak perlu membawa sebuah perpustakaan untuk membaca buku. Dengan Ebook, mereka bisa membaca ribuan buku hanya dalam satu genggaman tangan. Cukup dengan koneksi internet (biasanya sudah kerjasama dengan operator seluler) dan mungkin kartu kredit untuk membeli atau menyewa buku digital dari situsnya, mereka sudah bisa membaca buku dengan nyaman. Tentu saja ini pertanda bahwa kehidupan umat manusia sekarang sudah laksana film-film era '90-an dulu, dimana pada jaman itu mereka masih menghayal bahwa ada perangkat seperti itu.

Namun kekurangan mendasar dari Ebook adalah harganya, khusus untuk Ebook Hardware ia harus ditebus dengan harga tidak kurang dari $300. Menurut gua, harga segitu sudah bisa untuk membeli sebuah Netbook yang fungsinya lebih beragam. Mungkin itu juga yang menghambat pertumbuhan Ebook tipe Hardware untuk berkembang, namun untuk Ebook PDF, ia bisa digunakan di seluruh komputer. . .

Untuk sekarang, terlebih di Indonesia penggunaan Ebook Hardware masih kurang perlu, dimana penerbit-penerbit buku di Indonesia tidak semuanya membuat versi Ebook-nya. Namun kelak di kemudian hari, pasti semua orang memiliki sebuah Ebook untuk menggantikan tumpukan kertas yang lama menemani mereka. Lebih baik lagi jika penerapannya pada kalangan sekolahan, tentunya membuat mereka lebih gemar membaca dengan Buku yang lebih interaktif

0 comments:

Post a Comment