"there's nothing too big to learn" temukan disini !

Friday, June 18, 2010

Safari 5 : Simplify the Web

image image Safari adalah browser buatan Apple yang ada sejak MacOS X Tiger, dan browser ini memang tidak begitu populer di masyarakat pada umumnya, namun bagi pengguna Apple atau user yang sedikit advance mereka sudah tahu sepak terjang Safari. Safari memiliki versi Windows sejak generasi ke-3. pada peluncuran perdananya, ia kurang disambut gembira oleh para pengguna Windows yang sudah terlanjur menggunakan Internet Explorer dan Mozilla Firefox, mereka mengeluhkan Safari karena ia sering crash di sistem mereka, mungkin ini juga ada hubungannya dengan “konversi” dari Macintosh ke Windows. Namun walaupun begitu, ia memiliki beberapa yang bisa diunggulkan, seperti keamanan yang cukup terjamin, dan kecepatan yang sedikit lebih cepat dari Internet Explorer 7. Untuk Fitur, ia biasa-biasa saja, bahkan di versi awalnya sungguh minimalis, mulai dari tidak adanya plug-ins, dan yang cukup parah adalah ketidakmampuannya untuk menambah search provider, dan hanya disediakannya Google dan Yahoo! dan hal ini masih berlaku hingga sekarang, hanya saja pada versinya yang ke-5 ditambahkan Bing.

Safari 5 memang cepat jika di platform Mac sendiri, karena ia telah mendukung 64-bit. Namun yang dibicarakan disini adalah yang versi Windows. Ia memang tidak cukup cepat untuk mengalahkan Google Chrome 6 atau Opera 10.60. namun setidaknya ia sudah lebih cepat dari Firefox 3.6.3 dan tentu saja Internet Explorer 8.

Namun dibalik performanya yang tidak begitu melesat, ada fitur baru di Safari 5 yang membuat browser ini memiliki alasan untuk tetap dilirik. Yaitu adalah fitur ‘Reader’. Reader disini bukanlah PDF Reader atau semacamnya, namun ‘Reader’ adalah fitur yang dimiliki Safari untuk bisa menemukan bacaan pada sebuah situs. Okay, mudahnya begini : ketika kita mengunjungi sebuah situs berita yang dipenuhi dengan iklan disana-sini, tentu saja iklan-iklan tersebut cukup mengganggu fokus kita untuk membaca berita dari situs tersebut bukan? dengan fitur ‘Reader’, Safari akan segera menemukannya dan melakukan semacam ‘auto focus’ yang membuat hanya berita utamanya saja yang tampak, sedangkan yang lainnya tertinggal di latar belakang dan berwarna abu-abu.

Fitur ini cukup baik, dan pantas menjadi alasan untuk mencoba menggunakan Safari terbaru.

0 comments:

Post a Comment