"there's nothing too big to learn" temukan disini !

Sunday, June 13, 2010

Akhir perjalanan Internet Explorer 6

image Internet Explorer adalah browser yang paling banyak digunakan di bumi ini. Walaupun posisinya ditempel ketat oleh Mozilla Firefox, namun browser ini tetap bertahan hingga saat ini. Internet Explorer dikenal sebagai browser pertama untuk Windows, dan namanya sudah dikenal dari generasi ke generasi. Bukannya tanpa masalah Internet Explorer melalui tahun-tahun ini, sejak tahun 2003, penyerangan terhadap lubang-lubang keamanan Internet Explorer semakin meningkat, membuatnya dinobatkan sebagai browser yang paling rentan terhadap ancaman hacker. Namun tidak tinggal diam, Microsoft akhirnya merilis Internet Explorer 6 SP2 yang diluncurkan bersamaan Windows XP SP2. Browser ini sempat menjadi browser dengan pengguna terbanyak hingga tahun 2007, Internet Explorer 6 SP2 sudah terbukti cukup aman selama bertahun-tahun, bahkan orang masih enggan beralih ke Internet Explorer 7. Mungkin memang karena kegagalan Windows Vista pula membuat orang enggan beralih ke browser lain, namun seiring dengan berjalannya waktu, IE6 sudah dianggap tidak layak untuk menjelajah Internet di masa mendatang.

Keamanan adalah faktor yang selalu diungkit-ungkit, dan memang benar, IE6 tidaklah cukup untuk bertahan dari serangan. IE6 akhirnya ditambal dengan SP3, namun Microsoft tetap menyarankan untuk menggunakan IE7. Tahun-tahun berlalu, banyak browser baru bermunculan, tentu saja ini membuat IE6 tidak bisa bergerak lagi. Umur yang sudah tua membuat IE6 tidak mendukung banyak standar web masa kini, ini terlihat dari banyaknya situs yang menghilangkan dukungan terhadap IE6, karena IE6 sudah tidak bisa menampilkan konten web dengan baik.

Memang sudah saatnya untuk berganti, jika loe pecinta Microsoft, gunakan IE7 atau IE8 maupun IE9. Bahkan yang parahnya lagi, IE6 sudah tidak mampu menampilkan halaman blog gua ini dengan baik!! (lihat screenshot)

0 comments:

Post a Comment