"there's nothing too big to learn" temukan disini !

Thursday, June 3, 2010

Lebih aman dengan VMware Player 3.01

Dahulu sudah pernah gua bahas tentang Virtual PC, namun pada saat itu yang dibahas adalah Microsoft Virtual PC. nah sekarang menggunakan VMware Player versi terbaru, disini kita sudah bisa membuat virtual machine sendiri layaknya Microsoft Virtual PC, sehingga pada versinya yang ini patut dipertimbangkan. masih sama dengan konsep Virtual PC yang dulu, yaitu keamanan. dengan menggunakan Virtual PC, keamanan komputer 'pun sangat terjamin! terlebih jika menggunakan VMWare Player. Mengapa demikian?? Karena VMWare player mendukung virtualisasi Linux! ini adalah hal yang belum bisa dilakukan oleh Microsoft Virtual PC dengan baik. dengan begitu maka kita bisa menggunakan linux diatas Windows yang dipakai.

tentu saja disini akan memberikan keamanan tambahan, dimana sistem virtual-nya adalah Linux yang terbukti kebal terhadap virus-virus saat ini. sehingga ada tiga atau empat lapis keamanan pada komputer kita.

  1. Keamanan Linux
  2. Keamanan Firewall + AntiVirus Linux
  3. Keamanan VMWare yang mencegah virus dari Virtual PC
  4. Keamanan Firewall + AntiVirus Windows
dengan begitu terjamin sudah keamanan kita, tidak perlu takut lagi akan virus yang mudah menyebar melalui Internet! semuanya bisa diatasi dengan mudah! jika mau Windows on Windows juga tidak mashallah!! toh sama-sama aman (walaupun tidak seaman Linux on Windows)

Keuntungan lain dari konfigurasi Linux on Windows ini adalah "pengalaman" dimana kita bisa 'mencoba' sistem operasi Linux tanpa perlu menghapus Windows yang sudah lama kita kenal. terlebih lagi tidak perlu direpotkan dengan penanganan Multiboot yang memang agak susah, ditambah lagi jika sudah bosan dapat diganti-ganti sesuai keinginan! bahkan jika mau menghapus tidak perlu proses yang lama, cukup klik 'delete' dan sistem Virtual 'pun lenyap seketika!

0 comments:

Post a Comment