"there's nothing too big to learn" temukan disini !

Sunday, June 13, 2010

Microsoft Office Live!

image Masih ingat dengan Google Docs?? Tentu saja! layanan Office suite yang berbasiskan ‘cloud computer’ buatan Google, ia merupakan Office suite berbasis web yang sangat populer, selain karena nama besar Google, Google Docs juga memiliki cukup banyak fitur penting, seperti dukungan format yang luas, mulai dari file Microsoft Office hingga OpenDocument. Ini membuat Google Docs memiliki cukup banyak pengguna, karena mereka dapat meng-edit file office mereka sekalipun di PC tidak terinstall Microsoft Office atau OpenOffice.

Awalnya Google Docs memang bukan tanpa saingan, hanya saja para pesaingnya tidaklah terlalu ‘berbahaya’ kebanyakan menawarkan fitur yang minimal dan tampilan yang buruk. Namun di tahun 2010 ini, Google Docs tampaknya akan mendapatkan musuh yang sangat kuat, bahkan mungkin cukup kuat untuk ‘menjungkalkan’ Google dari tahta Office berbasis Web. Musuhnya tidak lain adalah Microsoft. Microsoft sudah sangat terkenal dalam program Office suite mereka, tidak ada satu komputer ‘pun yang tidak menjalankan Microsoft Office saat ini, mulai dari Windows, MacOS X, hingga Linux sekalipun*!

Sejak tahun 2010, Microsoft memperkenalkan Office Live! Memiliki 4 suite yang berupa Excel, PowerPoint, Word, dan OneNote. Semuanya memiliki fitur dan tampilan yang luar biasa. Kini tidak perlu khawatir lagi akan penggunaan yang susah, Office Live memiliki tampilan yang sangat mirip dengan Office 2010 atau 2007. Kemampuannya ‘pun bisa dibilang bersaing dengan Google Docs, tentu saja ini adalah suatu perubahan yang sangat tampak dari Microsoft dengan menyediakan Office yang ‘free’.

Kelebihan lainnya adalah terintegerasinya dengan Microsoft Office 2010, yaitu dengan memanfaatkan Windows SkyDrive. Dengan terkoneksinya Office Live dengan Office 2010, memungkinkan kolaborasi dengan kompatibilitas yang tinggi, memudahkan kita untuk mengedit file Office dimanapun selama ada Internet, hebat bukan?

0 comments:

Post a Comment