"there's nothing too big to learn" temukan disini !

Wednesday, July 7, 2010

Sandboxie

image setiap komputer di seluruh dunia pasti sangat mementingkan keamanan komputernya, memang keamanan PC adalah salah satu hal vital yang patut diperhatikan demi kenyamanan penggunaan komputer. banyak langkah untuk memulai mengamankan PC, mulai dari sekedar menyalakan firewall built-in hingga memasang antivirus berharga mahal. sebenarnya masih ada ‘kok cara lain untuk mengamankan PC dari program-program ‘nakal’, hanya saja tidak terkenal.

kenal dengan sistem sandbox? beberapa antivirus berbayar sudah mengintegerasikan teknologi ini kedalam antivirus mereka. namun nama yang aneh ini membuat orang bertanya-tanya, apa sih Sandbox itu? ya! sandbox adalah sebuah teknologi semacam virtualisasi, namun virtualisasi disini berbeda dengan VMWare atau VirtualPC. Sandbox meng-emulasikan program kedalam sebuah “sistem” rekaan, dimana ketika ada program yang melakukan sebuah perintah atau menulis data, program itu hanya akan mempengaruhi “sistem” rekaan yang telah dibuat oleh Sandbox. Tentu saja ini memiliki keuntungan, dimana ketika sebuah program melakukan sebuah perintah yang mencurigakan atau hendak memasukkan virus kedalam “sistem” rekaan, Sandbox akan segera mengetahui bahwa program itu berbahaya. Sandbox biasanya diintegerasikan kedalam software antivirus berbayar.

Namun apakah kalian tahu bahwa sebenarnya ada software sandbox yang terpisah? jawabanya, ada! Sanboxie adalah salah satu program Sandbox yang terkenal. Sandboxie memiliki kemampuan untuk membuat “sistem” rekaan pada semua program, sehingga menjamin keamanan lebih tinggi. Sandboxie juga mendukung untuk penggunaan sandbox pada browser web. dengan browser web yang telah dilindungi oleh Sandbox, kita tidak perlu khawatir tentang masalah virus atau apapun. semua file yang dimasukkan atau ditulis oleh browser hanya masuk ke Sandbox, sehingga jika web browser secara diam-diam mengunduh virus, virus tersebut hanya akan masuk kedalam Sandbox dan sama sekali tidak mempengaruhi sistem utama!

Sandbox memang adalah salah satu teknologi yang sangat baik, membuat ketergantungan akan virus definisi yang selalu terupdate semakin berkurang. cukup dengan meletakkan sebuah program kedalam sandbox dan semuanya akan menjadi aman. Kelebihan Sandbox dibandingkan dengan solusi VirtualPC adalah dari sisi keringanan. Sandbox lebih ringan karena ia tidak menjalankan sebuah sistem sebenarnya dalam sistem utama, melainkan membuat “sistem” rekaan yang berjalan pada sistem utama tanpa memerlukan sebuah sistem sesungguhnya dalam sebuah sistem.

Oh, iya! pada sebuah program jika dimasukkan kedalam sandbox akan terlihat perbedaannya jika dibandingkan dengan program tanpa sandbox, yaitu terlihat pada titlebar-nya. jika sandbox aktif, title bar akan terdapat tanda “[#]” pada kedua sisi judul. tanda ini memudahkan untuk mengetahui sandbox aktif atau tidak. dan artinya, kini tidak peduli browser apa yang dipakai, semuanya akan aman dengan Sandbox! bagi pengguna setia Internet Explorer yang sering dicibir karena keamanannya yang rentan kini tidak perlu beralih ke Firefox atau browser lain, tidak ada yang lebih aman daripada browser + sandbox. setidaknya untuk saat ini.

0 comments:

Post a Comment